Jumat, 04 Desember 2015

7 Keajaiban Kesehatan Dari Hobi Membaca Buku 

Membaca buku adalah hobi yang paling umum yang dimiliki banyak orang. Entah membaca buku,majalah, atau jurnal. Beragam jenis bahan bacaan bisa memperkaya pengetahuan Anda. Selain itu, membacapun nyatanya tentu memberikan manfaat untuk kesehatan.

Inilah segudang manfaat membaca buku untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui 

1. Melatih otak

Membaca mampu merangsang kekuatan otak yang tidak bisa Anda dapatkan dari menonton televisi atau mendengarkan musik. Sebab, membaca mampu memberikan imajinasi Anda. Oleh karena itu, rajinlah membaca agar kekuatan otak Anda tetap fit.

2. Mengurangi stres

Membaca merupakan cara efektif untuk mengurangi tingkatan stres Anda. Penelitian menunjukan bahwa membaca mampu mengurangi tingkat kortisol dalam tubuh, menurunkan detak jantung serta mengurangi ketegangan otot.

3. Membuat cepat tidur

Karena membaca membuat Anda menjadi lebih rilek, maka Anda pun bisa langsung tertidur setelah membaca.

4. Meningkatkan memori

Ketika membaca., maka otak Anda pun akan mencoba untuk memahami semua alur cerita dan berusaha untuk mengingatnya. Hal ini bisa disamakan dengan senam otak yang mampu meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat.

5. Membuat awet muda 

Penelitian kesehatan telah menunjukkan bahwa mereka yang rajin membaca atau melatih otak mereka akan mengalami penurunan kognitif yang lebih lambat dibandingkan dengan yang tidak membaca. Bahkan membaca secara teratur mampu menangkal masalah kognitif seperti demensia atau penyakit Alzheimer.

6. Menenangkan Anda 

Selain dapat membuat santai, membaca buku juga dapat membuat Anda tenang. Penelitian telat menunjukkan bahwa membaca buku-buku spiritual dapat menurunkan tekanan darah, menenangkan Anda, meningkatkan mood, dan mengurangi depresi.

7. Meningkatkan konsentrasi

Kebiasaan multi-tasking yang Anda lakukan sehari-hari dapat mengurangi konsentrasi dan daya fokus Anda. Sementara membaca sendiri dapat mengembalikan tingkat konsentrasi Anda dan membuat Anda lebih fokus.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar